Obat Tradisional Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang berkembang sebagai akibat dari penyumbatan di folikel dan biasanya akan muncul bekas luka seperti kulit merah bersisik, komedo, jerawat nasi, bintil dan terkadang  bahkan seperti jaringan parut.
Sebelum Anda mengetahui obat tradisional jerawat, Anda harus kenali dulu jenis bekas luka jerawat :
§   Rolling Scars adalah  kulit yang memiliki penampilan seperti gelombang
§   Box Car Scars adalah luka yang dalam atau dangkal yang terjadi di  temple dan pipi
§   Ice Pick Scars adalah luka yang dalam dan membentuk jaringan parut
§   Hypertrophic Scars adalah Bekas luka yang menebal yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan fibrosa yang berlebih.
§   Macam-macam pengobatan jerawat.
Ada berbagai jenis pengobatan untuk jerawat. Ada yang menggunakan obat-obat dokter ada pula yang menggunakan obat-obat traditional.
Penggunaan obat dokter diantaranya :
§   Penggunaan Antiseptik
§   Penggunaan Antibiotik
§   Hormon
§   Penggunaan Benzoyl peroxide (untuk kasus jerawat yang ringan)
§   Penggunaan Vitamin B3 untuk anti peradangan.
Obat tradisional jerawat yang aman di antaranya :
§   Melaleuca oil atau minyak pohon teh
§   Lidah buaya dan minyak Telur
§   Minyak biji kismis Hitam
§   Echinacea.
Namun menurut Peter M. Kim dalam artikel Alternative Home Treatments for Acne menuliskan bahwa ada 5 cara pengobatan tradisional untuk jerawatyang menggunakan bahan-bahan organic yang lebih mudah dan cepat, yaitu :
1.         Melaleuca oil atau minyak pohon teh. Minyak esensial berasal dari daun Melaleuca alternifolia, pohon lokal dari Australia. Penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh ini sama seperti  benzoil peroksida, zat yang terkandung dalam berbagai standar obat perawatan jerawat. Minyak pohon teh ini dapat menyembuhkan jerawat ringan sampai jerawat sedang .
2.         Baking Soda. Penggunaan Baking Soda dapat menurunkan keasaman kulit Anda, sehingga membuat kulit menjadi lebih baik dan pori-pori lebih kecil. Campur Baking soda dengan air, pijat dengan gerakan memutar. Jauhkan dari area mata. Untuk kulit sensitive, terapi ini tidak disarankan karena dapat timbul efek negatif terhadap kulit. Baking soda juga bisa digunakan sebagai masker.
3.         Susu Magnesia (Magnesium Hiroksida). Susu ini dapat menurunkan keasaman kulit dan membatasi produksi minyak ekstra. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi produksi minyak dan jerawat, tapi  cobalah untuk tidak sering menggunakannya karena dapat menyebabkan kulit menjadi  kering.
4.         Lidah Buaya. Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang paling sering digunakan untuk perawatan  kulit. Lidah buaya bukan hanya untuk mencegah jerawat tetapi dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, peradangan dan dapat membantu menyembuhkan noda jerawat. Oleskan gel lidah buaya pada jerawat dan Anda akan merasakan hasilnya.
5.         Cuka Apel dan Aspirin. Pilihan ini dimanfaatkan sebagai metode topikal dan internal untuk menyingkirkan jerawat.  Aspirin sendiri merupakan sumber alami asam salisilat yang berfungsi untuk menyingkirkan noda.

Sumber :  http://artikeltentangkesehatan.com/obat-tradisional-jerawat.html 

0 komentar:

Posting Komentar